TUGAS 5. QUIZ

~ Sabtu, 15 November 2014
I. Jelaskan Yang Anda Ketahui Tentang Teknologi Input Output

1. DVORAX , QWERTY 

  • Dvorak adalah sebuah tata letak papan ketik yang dipatenkan tahun 1936 oleh August Dvorak (seorang profesor dan psikolog pendidik di Universty of washington di Seattle) dan William Dealey. Meskipun gagal menggantikan tata letak QWERTY, Dvorak didukung oleh semua sistem operasi besar (Microsoft Windows, Mac OS x, Linux, dan BSD) dengan menyertakan akses bagi pengguna tata letak papan ketik ini di samping tata letak QWERTY. Susunan DVORAX dibarisan tengah AOEUIDHTNS
  • Qwerty adalah susunan tombol huruf keyboard yang paling banyak digunakan pada keyboard terkini, awalnya susunan huruf ini digunakan pada mesin ketik mekanis. Tujuan utamanya untuk meminimalkan kemacetan mekanis akibat kecepatan mengetik. Nama Qwerty diambil dari susunan 6 huruf yang terletak dibagian kiri atas keyboard. Susunan  keyboard ini dipatenkan oleh Christopher Sholes, sejak tahun 1874, kemudian dijual ke Remington, produsen mesin ketik pada masa itu. Susunan Qwerty  dibarisan atas tersusun QWERTYUIOP. 
2. OCR, DMR, Opscan
  • OCR (Optical Character Recognition), metoda pembacaan data oleh scanner optic dan menterjemahkan data tersebut ke dalam bentuk data biner yang dapat dibaca. 
  • DMR (Digital Mark Reader) ialah aplikasi yang memungkinkan penggunaan scanner dokumen untuk pemeriksaan form ujian, kuesioner dan entri data dengan teknologi pengenalan tanda. DMR terdiri atas dua aplikasi: DMR Editor (untuk membuat LJK) dan DMR Extractor (untuk memproses LJK). Untuk memeriksa hasil ujian yang berbentuk pilihan ganda, pada tahun 2002/2003 departemen Teknik Informatika terus melakukan riset dan penelitian pengembangan DMR yang lebih inovatif sehingga menjadikan DMR sebagai pemimpin pasar dalam teknlogi pemeriksaan hasil ujian yang tepat dan akurat serta dengan harga yang terjangkau.
  • Opscan : Opscan ialah merupakan scanner yang digunakan untuk memeriksa LJK. LJK yang digunakan merupakan LJK yang dibuat agar bisa terbaca oleh Opscan. Opscan merupakan scanner keluaran dari NCS Pearson USAtapi sekarang namanya menjadi SCANTRON.
3. OMR
  • OMR (Optical Mark Recognition) : OMR ialah tekhnik untuk mendeteksi keberadaan kertas yang ditandai dengan warna hitam, contohnya kertas ujian nasional yang mengisi nya menggunakan pensil 2b, pensil 2b tersebut memiliki beberapa unsur sehingga ketika kertas ujian discan menggunakan OMR bekas coretan yang ada pada kertas ujian tersebut akan dipantulkan. OMR sering juga digunakan untuk entri data.
4. MICR
  • MICR (Magnetic Ink Recognition) ialah prinanti masukan dengan menggunakan prinsip megnitis, alat ini membaca tulisan yang ditulis dengan tinta khusus, yaitu tinta magnetis.
5. RFID :
  •   RFID (Radio Frequency Identification) : RFID ialah suatu metode yang mana bisa digunakan untuk menyimpan atau menerima data secara jarak jauh dengan menggunakan suatu piranti yang bernama RFID tag atau transponder. Suatu RFID tag adalah sebuah benda kecil, misalnya berupa stiker adesif, dan dapat ditempelkan pada suatu barang atau produk. RFID tag berisi antena yang memungkinkan mereka untuk menerima dan merespon terhadap suatu query yang dipancarkan oleh suatu RFID transceiver.
6. ASR
  • ASR (Automatic Speech Recognition) : ASR ialah suatu pengembangan teknologi yang diciptakan untuk mengenalkan komputer pada kata yang diucapkan oleh lisan dengan cara pengucapan digitalisasi, suara tersebut akan manjadi gelombang suara akan terima oleh komputer menjadi sebuah angka tertentu menampilkan sebuah tulisan dalam bentuk perintah tertentu kepada perangkat lain untuk melakukan “Action” pada perintah yang di tampilkan.
7. CCD :
  •   CCD (Charge Coupled Device) : CCD adalah sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondensator yang berhubungan, atau berpasangan. Di bawah kendali sirkuit luar, setiap kondensator dapat menyalurkan muatan listriknya ke tetanggannya. CCD digunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri), optikal dan spektroskopi UV dan teknik kecepatan tinggi seperti penggambaran untung.
8. CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA :

  •  CGA (Color Graphics Adapter) : CGA ialah kartu grafik pertama yang dipulikasikan oleh perusahaan IBM pada tahun 1981, kartu grafik ini di jadikan standard tampilan komputer pertama yaitu “IBM PC”, di lengkapi memori video dengan kapasitas 16kb, dan kartu grafik ini memiliki beberapa mode teks dan grafik dengan tingkat ketelitian mencapai 640x200 pixel.
  • EGA (Enhanced Graphic Adapter) : EGA ialah merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
  •   VGA (Video Graphics Accelerator) : VGA card ialah salah satu komponen komputer yg mutlak harus ada, fungsinya mengolah data graphis unt ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
  •   XGA (Extended Graphics Array) : XGA ialah merupakan standar tampilan komputer yang diluncurkan IBM pada tahun 1990 dengan resolusi 1024×768 pixels.
  • SXGA (Super Extended Graphic Array) : SXGA ialah sistem resolusi monitor untuk super grafik terluas digunakan untuk skrin-skrin yang memiliki peleraian dapat menghasilkan 16.777.216 (True Color) dan beresolusi 1280 x 1024 piksel.
  •  UXGA (Ultra Extenced Graphics Array) : UXGA ialah sama seperti XGA dan SXGA namun spesifikasinya lebih besar yaitu dapat menampilkan resolusi 1600x1200 atau sekitar 1,9 juta pixel.
9. Omnidirecional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling :
  • Omnidirecional : Omnidirecional ialah lapisan protokol untuk pengangkutan lapisan paket jaringan melalui transportasi sungai  MPEG. Karena overhead protokol yang sangat rendah, sangat cocok untuk layanan IP melalui satelit (mana setiap bit). Sistem seperti ini misalnya DVB-S. Namun, Ule juga dapat digunakan dalam konteks DVB-C dan DVB-T, secara teoritis dalam setiap sistem yang didasarkan pada MPEG transportasi.
  •   Unidirectional : Unidirectional ialah transportasi paket lapisan jaringan melalui transportasi sungai MPEG. Karena overhead protokol yang sangat rendah, sangat cocok untuk layanan IP melalui satelit (mana setiap bit). Sistem seperti ini misalnya DVB-S. Namun, Ule juga dapat digunakan dalam konteks DVB-C dan DVB-T, secara teoritis dalam setiap sistem yang didasarkan pada stream MPEG transportasi (misalnya, ATSC).
  • Noise Canceling : Noise Canceling ialah gelombang tekanan, yang terdiri dari fase kompresi dan fase penghalusan. Seorang pembicara kebisingan pembatalan memancarkan gelombang suara dengan amplitudo yang sama tetapi dengan fase terbalik (juga dikenal sebagai antiphase) ke suara asli. Gelombang bergabung untuk membentuk sebuah gelombang baru, dalam proses yang disebut interferensi, dan efektif membatalkan satu sama lain - sebuah efek yang disebut fase pembatalan. Tergantung pada keadaan dan metode yang digunakan, gelombang suara yang dihasilkan mungkin begitu samar untuk bisa terdengar bagi telinga manusia.
  •   Echo Canceling : Echo Canceling ialah merupakan proses penggalian sinyal ditransmisikan asli dari sinyal yang diterima yang berisi satu atau lebih sinyal tertunda (salinan dari sinyal asli). Gema dapat dibuat dalam baseband atau sinyal broadband. Ketika gema terjadi pada sinyal baseband audio, biasanya melalui umpan balik akustik di mana beberapa sinyal audio mentransfer dari speaker masuk ke mikrofon. Ketika gema terjadi pada sinyal broadband, biasanya hasil dari sinyal yang sama (seperti sinyal radio) yang bergerak pada jalur yang berbeda untuk mencapai tujuan. Dalam kedua kasus, menggema distorsi sinyal penyebab dan dapat dihilangkan dengan melakukan melalui analisis sinyal yang canggih dan penyaringan.
10. THX, DDS, Dts
  • THX ialah nama dari high-fidelity audio / visual untuk reproduksi standar bioskop, kamar skrining, teater rumah, speaker komputer, konsol game, dan sistem audio mobil. THX saat ini diciptakan pada tahun 2001 ketika itu berputar off dari Lucasfilm Ltd THX dikembangkan oleh Tomlinson Holman di perusahaan George Lucas, Lucasfilm, pada tahun 1983 untuk memastikan bahwa soundtrack untuk film ketiga Wars Star, Star Wars Episode VI: Return of the Jedi, akan akurat direproduksi di tempat terbaik. THX bernama setelah Holman, dengan berdiri "X" untuk "crossover" [1] serta penghormatan kepada film pertama Lucas, THX 1138. Para crescendo khas digunakan dalam trailer THX, diciptakan oleh Holman itu rekan kerja James A.Mooler dikenal dengan “catatan jauh”. Sistem THX bukanlah teknologi rekaman, dan itu tidak menentukan format rekaman suara: ". Ditampilkan dalam THX" semua format suara, apakah digital (Dolby Digital, SDDS) atau analog (Dolby Stereo, Ultra-Stereo), dapat THX terutama sistem jaminan kualitas. THX bersertifikat teater menyediakan berkualitas tinggi, lingkungan pemutaran diprediksi untuk memastikan bahwa setiap soundtrack film dicampur dalam THX akan terdengar sedekat mungkin dengan niat insinyur pencampuran. THX juga menyediakan teater bersertifikat dengan sirkuit crossover yang khusus yang penggunaannya bagian dari standar. Sertifikasi auditorium memerlukan akustik yang spesifik dan persyaratan teknis lainnya; persyaratan arsitektur termasuk lantai mengambang, dinding bingung dan akustik diobati, tidak ada dinding paralel (untuk mengurangi gelombang berdiri), layar berlubang (untuk memungkinkan kontinuitas saluran pusat), dan NC30 rating untuk kebisingan latar belakang.
  • DDS (Dyrect Digital Syntesier): DDS ialah merupakan penghasil sinar yang berupa sinar sinus dengan cara membangkitkan beberapa sinyal yang berubah-ubah dari bentuk digital yang kemudian diubah bentuk menjadi analog.
  • Dts : Dts ialah sebuah kualitas tinggi digital surround sound format kompresi yang mampu membawa beberapa saluran audio. Sementara menggunakan pengkodean persepsi seperti sistem lainnya, ia menggunakan tingkat kompresi lebih rendah. DTS mengklaim bahwa mereka pertama menggunakan non-teknik kompresi lossy untuk mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk pengkodean persepsi. Banyak pengguna menganggap bahwa menghasilkan suara berkualitas tinggi dari Dolby Digital.
12. Pasive Matrix, dan Active Matrix :

  • Pasive Matrix : Pasive Matrix ialah merupakan skema pengalamatan yang digunakan dalam display LCD sebelumnya, dan dapat digunakan dalam display LCD masa depan. Ini adalah matriks skema pengalamatan yang berarti bahwa hanya m + n sinyal kontrol yang diperlukan untuk mengatasi am × n layar. Sebuah pixel dalam matriks pasif harus mempertahankan negara tanpa sirkuit mengemudi aktif sampai dapat disegarkan kembali. Sebuah teknologi layar baru menggunakan pixel bi-stabil, yang mempertahankan negara nya tanpa batas tanpa perlu untuk elemen transistor individu pada setiap pixel.
  •   Active Matrix : Active Matrix ialah jenis skema pengalamatan yang digunakan dalam display panel datar. Istilah ini menggambarkan sebuah metode switching elemen individual layar panel datar, menggunakan CdSe atau Silicon berbasis thin-film transistor (TFT) untuk setiap pixel. Teknologi ini diciptakan dan pertama kali ditunjukkan oleh Peter T Brody dan Thin-Film nya Perangkat departemen di Westinghouse Electric Corporation pada tahun 1968, dan istilah ini diperkenalkan ke literatur pada tahun 1975. Mengingat am × n matriks, jumlah konektor yang dibutuhkan untuk menangani layar adalah m + n. Setiap pixel terpasang ke perangkat switch-, yang secara aktif mempertahankan negara piksel sementara piksel lain sedang ditangani, yang juga mencegah crosstalk dari secara tidak sengaja mengubah negara dari sebuah piksel belum terselesaikan.
13. Dotmatrix, Bubblejet, Deskjet, Impact, Ink-jet, Laser :

  •   Dotmatrix : Dot Matrix ialah suatu jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Fungsi printer dot matrix sampai saat ini masih saja diperlukan walaupun kini telah bertebaran printer-printer canggih yang dapat mencetak fotografi level profesional.
  • Bubblejet : Bubbleject ialah printer jenis ini masih bertahan hingga sekarang dan terus berkembang hingga saat ini. Teknologi ini lebih diminati oleh banyak orang, karena hasil cetakannya lebih baik dan lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya seperti Dot Matrix. Model tintanya pun berbentuk cairan yang warnanya bermacam-macam tergantung pada setiap teknologi yang dimiliki oleh printer jenis ini, seperti contoh RGB(Red Green Blue) atau pun CMYK(Cyan Magenta Yellow Black) setiap teknologi warna di atas memiliki kelebihan dan kekurangan.
  •   Deskjet : Deskjet ialah nama merek untuk printer inkjet diproduksi oleh Hewlett-Packard Company. Printer ini berkisar dari negeri kecil untuk model industri besar, meskipun model terbesar di kisaran umumnya dijuluki DesignJet. Setara Macintosh kompatibel dicap sebagai Deskwriter dan bersaing dengan Apple StyleWriter.
  • Impact : Printer jenis ini sering juga disebut hammer, karena pencetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin-pin ini sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin yang ada berkisar antara 9 hingga 24 pin. Semakin banyak jumlah pin, maka hasil cetakan apabila menggunakan printer inkjet ataupun laser.
  • Ink-jet : Printer ink-jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik-titik yang bermuatan listrik ke kertas cetakan. Printer ini dapat digunakan untuk menghasilkan cetakan bewarna maupun cetakan hitam putih. Printer Inkjet dapat digunakan untuk mencetak pada kertas biasa atau pada plastik khusus yang digunakan untuk bahan persentasi.
  • Laser : Printer laser merupakan jenis printer yang harganya relatif mahal, tetapi dpat memberikan hasil cetakan yang terbagus. Printer yang dirancang untuk mainframe memiliki kecepatan sekitar 229 halaman permenit. Beberapa jenis printer laser dikenal sebagai  sebagai Printer Postscript.
II . Jelaskan Yang Anda Pahami Tentang Teknologi Informasi

  1.     SSE (Streaming SIMD Extension ) : SSE ialah microprocessor yang dibuat oleh Intel Corporation, yang diperkenalkan pada bulan Februari 1999. SSE merupakan set pengembangan yang lebih besar dari instruksi SIMD, dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register-register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang bersamaan.SSE2 (Streaming SIMD Extension 2) : SSE2 ialah yang juga mengembangkan instruksi-instruksi MMX sehingga dapat beroperasi pada register XMM 128 bit. SSE dan SSE2 merupakan teknologi eksklusif yang hanya terdapat pada prosesor Intel.SSE3 (Streaming SIMD Extension 3) : SSE3 ialah yang merupakan perkembangan dari SSE2, SSE3 memiliki 13 tambahan instruksi baru, atau dengan kata lain SSE3 memiliki 13 instruksi lebih banyak daripada SSE2. Teknologi SSE3 ini diberi nama sandi Prescott New Instruction (PNI), pertama kali diterapkan dan diperkenalkan pada revisi prosesor Prescott(golongan Pentium 4).
  2.     3DNow ialah set instruksi yang dikembangkan oleh AMD dan merupakan set insruksi   alternatif dari intel SSE.teknologi processor ini memungkinkan untuk melakukan pengolahan vektor secara sederhana,yang meningkatkan kinerja grafis secara intensif.
  3.      NX bit adalah teknologi yang digunakan dalam CPU untuk memisahkan daerah memori untuk digunakan baik oleh penyimpanan instruksi prosesor (atau kode)atau untuk penyimpanan data, fitur yang biasanya hanya ditemukan di Harvard arsitektur prosesor. Namun, bit NX sedang semakin digunakan dalam konvensional arsitektur von Neumann prosesor, untuk alasan keamanan.
  4.      PowerNow ialah teknologi dari AMD yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan kierja processor untuk menghemat energi. Penurunan kecepatan kerja prosesor ini terjadi ketika dalam kondisi idle atau loading load kecil.Selain itu, umur processor juga akan meningkat karena berkurangnya proses electro migration (pemanasan CPU/Processor) yang bervariasi secara eksponen berdasar temperatur (suhu).
  5.     Cool’n’Quiet  ialah teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangai kecepatan kerja prosesor dalam upaya untuk menghemat energi (power) listrik. Teknologi ini biasanya diterapkan pada prosesor desktop. Oleh AMD, diaplikasikan pertama kali pada prosesor keluarga Athlon 64.
  6.     Hyper Threading ialah suatu pengertian tentang procesor yang memiliki core tunggal / satu yang dapat menjalankan/ bekerja secara bersamaan, intinya seperti ini jika C. Ronaldo hanya bisa mendrible bola dan menendang secara akurat/efektif hanya dengan kaki kananny, tapi beda lagi dengan G. Bale, yang kadang juga bisa mendrible bola dengan kaki kanan dan menendang dengan kaki kanan walaupun secara efektif kaki kiri dia lah yang dominan.
  7.       Dual-Core ialah Sebuah prosesor dual-core adalah CPU dengan dua prosesor atau dua kali operasi. Setiap prosesor memiliki cache sendiri dan controller, yang memungkinkan untuk bekerja secara efisien sebagai prosesor tunggal. Namun, karena dua prosesor dihubungkan bersama-sama, mereka dapat melakukan operasi hingga dua kali secepat prosesor tunggal.
  8.    SpeedStep ialah teknologi yang memungkinkan sebuah prosesor dapat diubah clock speed-nya menjadi lebih rendah dari clock speed aslinya. Pengubahan besarnya clock speed ini bisa dilakukan dengan menggunakan software. Teknoligi ini merupakan teknologi dari intel namun tidak semua produk intel memliki teknologi ini.
  9.     Hyper Transport : Istilah HyperTransport sebelumnya dikenal dengan nama Lightning Data Transport (LDT) ialah saluran komunikasi dua arah (bidirectional) yang berfungsi untuk mentransmisikan data yang bersifat paralel maupun serial yang memiliki bandwidth tinggi dengan tingkat latency (penghambatan) yang rendah. Teknologi ini diperkenalkan pada tanggal 2 April 2001. Banyak perusahaan Intenasional yang memanfaatkan teknologi ini. AMD adalah salah satu perusahaan yang menggunakan dan menerapkan teknologi HyperTransport pada prosesor golongan x86.Sedangkan Intel, pesaing AMD, tetap menggunakan Font Side Bus dan tidak mengadopsi teknologi HyperTransport untuk diaplikasikan pada prosesor produksinya. 
  10.       MMX ialah sebuah teknologi hasil karya perusahaan Intel. Pada awalnya,
    istilah MMX dikabarkan merupakan kependekan dari MultiMedia eXtension atau Multiple Math atau Matrix Math eXtension. Namun pihak Intel secara resmi menolak pengertian tersebut, dan mengatakan bahwa MMX bukan singkatan apapun juga. MMX ialah trademarked (cap/merk dagang) Intel, yang mengandung pengertian atas peningkatan prosesor dalam kompresi & dekompresi video, manipulasi gambar, enkripsi,pemrosesan Input/Output. 
III. Penjelasan tentang type BUS pada PC (Personal Computer)


  1.      ISA (Industry Standard Architecture) : ISA ialah sebuah arsitektur BUS dengan         BUS     data selebar 8-bit pada IBM, kemudian bus ISA diperbaharui lagi dengan menambahkan BUS data selebar 16-bit pada IBMPC/AT pada tahun 1984. ISA sendiri merupakan BUS dasar dan yang paling umum dugunakan pada komputer IBM PC hingga tahun 1995.
  2.      EISA (Extended/Enchanced Industry Standard Architecture) : EISA ialah BUS       32-bit yang sama dasarnya dengan BUS ISA yang biasa.Bus ISA dapat menangani 32-bit pada kecepatan 8,33 MHz, Sehingga transfer rate maksimum yang dicapainya adalah 33 MByte/detik.
  3.      VL-BUS (VESA Local BUS) : VL-BUS ialah saluran berkecepatan tinggi untuk port I/O dan DMA dengan 32-bit dan kecepatan 33MHz. 
  4.      PCI (Peripherals Component Interconnect) : PCI ialah BUS peripherals (perangkat yang merupakan bagian pendukung dari system). BUS ini dikontrol oleh Chipset pengatur memori (Northbridge, Intel MCH) atau (Southbridge, Intel ICH). 
  5.     AGP (Accelerated Graphics Port) : AGP ialah Bus yang dibuat khusus untuk          para graphic designer yaitu untuk kartu grafis berkinerja tinggi, Kecepatan BUS ini sendiri dapat mencapai 533MHz pada mode AGP8x pada lebar jalurnya yaitu 32-bit.  
  6.      Fire Wire : Fire Wire ialah  BUS yang digunakan untuk multimedia juga, Bus ini sanagt murah dan banyak di pasaran, bus ini juga mudah digunakan. Bus ini juga banyak digunakan pada perangkat elektronik lainnya seperti TV, kamera, maupun multi media yang lainnya. Kecepatan BUS ini sendiri bisa mencapai 400MB/detik.
  7.     USB (Universal Serial Bus) : USB ialah Bus yang banyak digunakan untuk perangkat komputer yang memiliki kecepatan yang rendah, seperti colokan keyboard, mouse, Flasdisk, printer dll. Pemasangannya pun snagat mudah karena hanya menggunakan satu kabel saja. 
  8.      PCI - Express(Peripherals Component Interconnect - Express) : PCI-Express ialah tipe Bus yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi dari PCI biasa lainnya. Kecepatan BUS ini yaitu 4GB/detik yaitu untuk tipe PCI - Express x16. Slot ini juga sering digunakan untuk slot VGA.
IV. Jelaskan  Teknologi Komputer
  1.      Komputasi awan  ialah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan     pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
  2.     Komputer hijau ialah penggunaan komputer bertanggung jawab terhadap lingkungan dan tidak mengganggu keseimbangan alam karena hemat daya . Praktek-praktek tersebut meliputi pelaksanaan hemat energi unit pemrosesan sentral (CPU), intinya adalah ramah lingkungan.
  3.   Komputasi optik merupakan salah satu teknologi menggunakan cahaya untuk menghidupkan komputer dalam bahasa teknik dinamakan opto-elektronik. Jadi komputer tidak menerima arus listrik. Cahaya jauh lebih cepat dibandingkan listrik. Jaringan serat optik yang  menggunakan fiber glasssetipis rambut, bukan kawat tembaga, dapat memindahkan informasi 3.000 kali lebih cepat dibanding jaringan konvensional. Meski demikian sinyal optik ini menjadi lemah saat harus diproses oleh chip silicon. Penanggulangannya yaitu menggunakan chip optik yang dapat beroperasi pada bandwith tinggi, sehingga mampu memindahkan film, game dan file multimedia.
  4.      Komputasi DNA : Komputasi DNA ialah suatu bentuk komputansi yang menggunakan DNA ,biokimia dan biologi molukuler , bukan tradisional berbasis silikon komputer teknologi. Komputasi DNA, atau, lebih umum, komputansi biomolukuler , adalah yang cepat berkembang bidang interdisipliner.  Penelitian dan pengembangan di daerah ini menyangkut teori, eksperimen, dan aplikasi komputasi DNA.
  5.      Komputasi Kuantum Pemrosesan yang berbasis mekanika kuantum, yakni teori fisika tentang dunia atom yang tidak beraturan. Bila komputer menyimpan informasi sebagai logika 0 dan 1, maka komputer kuantum menyimpan informasi menggunakan status partikel elemen. Contoh, atom Hidrogen (H) dapat menjadi saklar on/off seperti pada transistor komputer biasa dengan cara memindahkan status energi rendah (off) ke energi tinggi(on). 
  6.     Komputasi Pararel ialah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Ini umumnya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar (di industri keuangan, bioinformatika, dll) ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Kasus kedua umum ditemui di kalkulasi numerik untuk menyelesaikan persamaan matematis di bidang fisika (fisika komputasi), kimia (kimia komputasi).
  7.    Komputasi Vektor ialah sebuah mesin yang dirancang agar lebih efisien dalam menanganioperasi aritmatika pada elemen-elemen pada susunan sistematis objek,yaitu vektor. Teknologi ini sangat berguna bagi komputer yang bergerak di bidang science, dimana matriks dan vektor dibutuhkan. Dari hasil algoritma matematis yang telah diuraikan, dan dideklarasikan dalam pemrograman di komputer, komputasi vector kecepatan aliran fluida yang telah dilakukan  belum dapat dicapai secara langsung (on-line) di sirkuit fluida yang ada. Kendala adalah pengaturan kecepatan aliran fluida yang ditambahkan pembiak itu mengalami  keterbatasan sirkuit, peralatan dan instrumentasi, sehingga gambar lembar aliran dengan sinar laser  direkam dari CCD, dengan TV dan video recorder vhs,  setelah itu dipindahkan ke komputer yang selanjutnya gambar bitmap diolah dengan program.
V. Jelaskan teknologi Port I/O dibawah ini
  1.       COM ialah port di komputer yang mentransfer data secara serial, disebut juga serial port.
  2.       Pararel ialah susunan sejajar, kabel yang terdiri dari beberapa jalur, beberapa data yang dikirmkan sekaligus melalui jalur yang berbeda ke tempat yang sama.
  3.      USB (Universal Seriel Bus) ialah berupa kabel yang memungkinkan koneksi sampai 127 piranti secara sambung menyambung dengan kecepatan transfer data 12 megabit/detik untuk USB 1.0 dan 480 megabit/detik untuk USB 2.0.
  4.     SCSI (Small Computer System Interface) / interface sistem komputer kecil ialah suatu perlengkapan peripheral untuk menghubungkan peralatan-peralatan ke PC atau MAC. SCSI lebih poluler digunakan pada komputer MAC dan tidak terlalu populer bagi komputer PC. SCSI umumnya dipakai untuk zip drive, scanner berkinerja tinggi, CD burner dan perlengkapan-perlengkapan lain yang memakai bandwidth data tinggi. Sumber kamus komputer  dan istilah teknologi informasi penerbit informatika Bandung. 
  5.       Infrared ialah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari            cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasigelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm.
  6.       Serial ialah seri, bersambung dan berkelanjutan. System pengiriman data digital,              dimana beberapa bit data dikirim sekaligus pada satu saat dengan menggunakan satu jalur.
  7.    HDMI (High-Definition Multimedia Interface) ialah salah satu antarmuka (interface)   peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV). HDMI mendukung video standar, yang lebih tinggi, ataupun definisi tinggi, ditambah dengan audio digital multi kanal pada kabel tunggal.
  8.      1394 (IEEE 1394) interface antarmuka serial bus standar untuk komunikasi berkecepatan tinggi dan isochronous real-time transfer data, sering digunakan oleh komputer pribadi, serta audio digital, video digital, otomotif, dan aplikasi aeronautika. Antarmuka ini juga dikenal dengan nama merek FireWire (Apple), i.LINK (Sony), dan Lynx (Texas Instruments). IEEE 1394 paralel diganti SCSI di banyak aplikasi, karena biaya implementasi yang lebih rendah dan sistem, kabel disederhanakan lebih mudah beradaptasi. Standar 1394 juga mendefinisikan antarmuka backplane, meskipun hal ini tidak seperti yang banyak digunakan. IEEE 1394 adalah High-Definition Audio-Video Network Alliance (HANA) antarmuka koneksi standar untuk A / V (audio / visual) komponen komunikasi dan kontrol.
VI.  Teknologi Slot Expansion


  1.      VGA Card (Vido Grapich Acceleratir) : VGA Card ialah merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.  Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
  2.     Sound Card : Sound Card ialah perangkat keras computer yang berfungsi untuk        mengolah data berupa audio atau suara. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3.      LAN Card : LAN Card ialah merupakan penghubung antara system computer dengan kinerja computer lain atau dapat dikatakan LAN CARD merupakan sinyal untuk saling berbagi antara computer satu dengan computer yang lain. Prinsip kerja LAN CARD adalah menerima sinyal dari computer lain kemudian mentranmisikan kedalam masukan kemudain diolah menjadi data, begitu sebaliknya saling berbagi. LAN CARD dapat digunakan untuk menghubungkan system computer satu dengan computer lain melalui perantara HUB sehingga dalam area tersebut membentuk suatu jaringan computer. 
  4.    Multimedia Card : Multimedia ialah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
  5.     TV Card : TV Card ialah suatu teknologi perangkat yang dapat menangkap sinyal TV yang bisa ditampilkan ke layar monitor, seperti layaknya televisi dan bisa merekam tayangan televisi disimpan ke dalam hardisk memory komputer. 
  6.    FM Card : FM Card ialah suatu teknologi perangkat yang dapat menangkap sinyal gelombang radio melalui frekuensi gelombangnya dan dapat mendengarkan siaran radio secara “Live”
  7.     Game card : Game Card ialah suatu perangkat yang berisi beberapa games yang siap untuk di mainkan diperngkat komputer atau perankat yang lainnya sesuai type game card nya.
  8.     Modem Card : Modem ialah berasal dari singkatan MOdulator DEModulator,         modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa(Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyalpembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Secara fisik, modem dapat dibedakan sebagai modem internal dan modem eksternal. Disamping itu , kita mengenal pembagian berdasarkan kecepatan dan cara kerjanya, apakah itu berupa software atau hardware modem.


    Sumber : www.wikipedia.com

Tidak ada komentar: